ads

Ads

ads

Mengenai Saya

tempat berbagi info yang akurat dan update, berguna dan menunjang aktivitas sehari-hari

Senin, 15 Juli 2019

5 Tips Biar Enggak Menyusahkan Teman Selama Liburan



Rencana liburan bareng keluarga mungkin belum bisa terlaksana karena alasan jadwal yang kurang tepat. Terkadang liburan bersama teman kuliah bisa jadi salah satu jalan terbaik karena jadwal kosongnya sama. Seringnya melakukan rutinitas bersama juga membuat teman-teman di kampus jadi orang terdekat yang malah lebih tahu rutinitas kamu ketimbang keluarga.

Kalau sudah dapat izin untuk pergi liburan bareng teman saat liburan kuliah, ya, langsung pergi saja. Kamu bisa langsung beli tiket pesawat ke lombok dan menikmati semua daya tarik wisata populer yang bisa dicoba. Meski sudah terbiasa bareng teman, perhatikan beberapa hal berikut ini agar kamu tidak menyusahkan selama perjalanan liburan.

Pilih jenis penginapan yang nyaman untuk semua

Tempat beristirahat adalah akomodasi terpenting yang harus kamu persiapkan saat liburan. Ya, kalian akan menggunakan fasilitas penginapan yang sama untuk tidur, sarapan, dan mandi. Jika kamu termasuk orang yang harus sarapan di pagi hari, jangan sampai malah terpaksa mengikuti keinginan teman yang biasa backpacking dengan memilih penginapan tanpa sarapan. Kalau akhirnya baru mulai makan di siang hari dan penyakit maag kamu kambuh, malah menyulitkan temanmu yang lain karena aktivitas kamu jadi tertunda. Ketersediaan fasilitas di sebuah penginapan juga harus nyaman untuk semua orang, seperti jenis tempat tidur dan kamar mandi.

Tidak semua hal harus dilakukan bersama

Liburan bareng bukan berarti kamu harus melakukan semua hal bareng teman ya. Jadi, saat salah satu temanmu menawarkan rencana untuk liburan bareng, pastikan bagaimana aktivitas yang akan kalian lakukan bersama. Mungkin temanmu punya rencana untuk diving sementara kamu hanya terbiasa berenang di pinggir pantai. Nah, ketimbang memaksakan diri dan malah terlalu lelah, komunikasikan untuk tidak ikut serta dalam kegiatan yang memang tidak bisa kamu lakukan. Jika temanmu malah berniat membatalkan rencananya, beri pengertian karena kalian masih bisa melakukan banyak hal lain yang bisa dilakukan bersama ‘kan?

Jangan terlalu pasrah

Mungkin kamu benar-benar tidak masalah dengan berbagai pilihan yang direncanakan temanmu selama perjalanan. Hal yang sering terjadi adalah pertanyaan, “Setelah ini ke mana?” dan “Mau makan apa?” saat melakukan rutinitas sehari-hari. Kalau terlalu sering jawab “terserah,” kamu malah akan membuat temanmu tidak enak dan bisa saja temanmu memang sedang punya ide sama sekali. Jadi, sadarilah kalau kamu juga harus berkontribusi terhadap pengambilan keputusan. Setidaknya, lakukan riset mengenai daya tarik lokal yang bisa kamu coba sehingga kamu bisa memberikan insight soal perjalanan liburan. Temanmu bukan tour guide yang bisa membuatkan semua itinerary perjalanan, pastikan berkontribusi dalam memutuskan sesuatu ya.

Sepakati cara patungan biaya akomodasi

Bukan perkara mudah jika harus melakukan transaksi dalam jumlah besar, terutama saat kamu liburan bersama teman dalam jumlah kelompok yang cukup banyak. Kalau kalian belum punya kartu kredit, sebaiknya sepakati bersama bagaimana kalian akan melunasi transaksi yang jumlahnya cukup besar.

Kalau kamu tidak punya m-banking untuk melakukan pengiriman uang berkali-kali, pastikan membawa uang tunai. Jadi, tidak akan ada teman yang tiba-tiba kehabisan uang karena harus menanggung pembayaran kamu sampai nanti menemukan ATM. Jika ada salah satu teman yang bersedia menanggung sementara pembayaran dengan kartu kredit, kamu juga bisa menyepakati untuk mengirimkan sejumlah uang (seperti layaknya deposit) sebelum perjalanan. Jadi, kamu bisa tetap mengendalikan jumlah pengeluaran selama liburan deh.

Melakukan berbagai aktivitas bersama di kampus mungkin akan berbeda dengan melakukan rutinitas yang sifatnya ‘domestik’ ketika liburan. Pastikan kamu cukup terbuka saat terjadi perubahan pada rencana perjalanan. Jadi, kamu tidak akan kesal dan membuat suasana tidak nyaman. 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LightBlog