ads

Ads

ads

Mengenai Saya

tempat berbagi info yang akurat dan update, berguna dan menunjang aktivitas sehari-hari

Rabu, 26 Juni 2019

Menyimpan Semangka di Dalam Kulkas Ternyata Bisa Beracun. Ini Penjelasannya


Pada kondisi cuaca yang terik, buah semangka biasa menjadi pilihan banyak orang untuk dimakan. Ya, karena semangka adalah buah yang kaya akan air dan manis, juga memiliki sensasi segar ketika memakannya. Apalagi kalau sebelum disajikan potongan buah semangka disimpan dulu dalam lemari es, wah tentu tambah segar lagi.

Namun perlu Anda tahu, ternyata cara demikian jika sering Anda lakukan, bisa membuat  Anda berisiko terkena penyakit.  Kok bisa?

Ditulis intisari.grid.id yang dikutip dari China Economic Net melalui Toutiao, beberapa hari lalu seorang wanita asal Wuhan Tiongkok menderita infeksi bakteri usus karena makan semangka yang disimpan di kulkas. Untungnya dia berhasil diselamatkan setelah melakukan perawatan di rumah sakit.

Menurut keterangan, menyimpan semangka potongan di dalam lemari es bisa menimbulkan masalah besar. Namun, mengapa semangka di dalam lemari es begitu berbahaya?

Sebelumnya mari kita bahas fungsi lemari es. Di mata banyak orang, benda ini adalah kotak penyimpanan yang bisa mengawetkan berbagai jenis makanan dan minuman. Oleh sebab itu, hampir sebagian besar orang akan menyimpan berbagai makanan mentah di lemari es, padahal itu adalah sumber dari masalah ini.

Hasilnya adalah lemari es adalah tempat terbaik untuk membiakkan bakteri psikofilik, bakteri termofilik, dll. Bahkan banyak lagi bakteri yang bisa bertahan pada suhu lemari es.

Setelah potongan semangka diletakkan di dalam lemari es, mereka akan membiakkan bakteri pantogen yang sering menyebabkan keracunan makanan. Dampak sederhananya adalah diare, perut merasa tidak nyaman, hingga infeksi usus.

Bahkan, jika Anda meletakkannya dalam jangka waktu panjang, bisa memperpanjang pertumbuhan bakteri di dalamnya. Namun, Anda masih bisa menyimpan potongan semangka di dalam lemari es dengan catatan tidak terlalu lama, misal hanya 12 hingga 24 jam saja.

Juga saat memotongnya, Anda harus memastikan talenan dan pisau yang digunakan steril kemudian membersihkannya ulang setelah memotongnya.

Haruskan membungkusnya dengan plastik saat menyimpan semangka di lemari es?

Eksperimen menunjukkan, bahwa pembungkus plastik bersifat bakteriologis, sehingga bisa membiakkan bakteri. Namun, Anda boleh menggunakan plastik dengan catatan plastik tersebut bersih dan baru, dan juga aman untuk menuntup permukaan semangka, seperti plastik untuk packing buah.

Kemudian, menutupnya erat-erat dengan plastik tersebut dan memisahkannya dengan berbagai makanan lain seperti ikan, daging, serta beberapa bahan makanan mentah lain. Selalu periksa suhu pendingin lemari es dan jaga suhunya di bawah 4 derajat celcius.

Untuk makanan dalam lapisan cold storage, waktu penyimpanan tidak boleh terlalu lama, jika disimpan terlalu lama bisa membeku.

Kulkas Anda juga harus sering dibersihkan, makanan yang telah memburuk di dalam kulkas sebaiknya dibuang dan dibersihkan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LightBlog